Tugas Interaksi Manusia dan Komputer : Interface
Pengertian
Antarmuka (Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara
pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi
dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk
membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
Interface, berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke
dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan
memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh / step by step sehingga
pengguna mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang
terpenting adalah kemudahan dalam memakai / menjalankan sistem, interaktif,
komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan / membangun suatu program
jangan terlalu diperlihatkan. Interface yang ada untuk berbagai sistem, dan menyediakan
cara :
- Input, memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sistem.
- Output, memungkinkan sistem untuk menunjukkan efek manipulasi pengguna.
Tujuan
Tujuan sebuah interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur
sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut.
Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena
bahasa merupakan alat tertua (barangkali kedua tertua setelah gesture) yang
dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya. Praktis, semua pengguna
komputer dan Internet (kecuali mungkin anak kecil yang memakai komputer untuk
belajar membaca) dapat mengerti tulisan.
Meski pada umumnya panduan interface menyarankan agar ikon
tidak diberi tulisan supaya tetap mandiri dari bahasa, namun elemen interface
lain seperti teks pada tombol, caption window, atau teks-teks singkat di
sebelah kotak input dan tombol pilihan semua menggunakan bahasa. Tanpa bahasa
pun kadang ikon bisa tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang ikon bisa
bersifat universal.
Interface ada dua jenis, yaitu :
- Graphical Interface : Menggunakan unsur-unsur multimedia (seperti gambar, suara, video) untuk berinteraksi dengan pengguna. Contohnya adalah berbagai aplikasi yang secara umum sering digunakan, seperti Microsoft Word, Paint, dll.
- Text-Based : Menggunakan syntax/rumus yang sudah ditentukan untuk memberikan perintah. Contohnya adalah sistem operasi MS-DOS, dan Windows Command Prompt yang masih menggunakan text-based.
Comments
Post a Comment